Lagu yg mengingatkanku akan kebodohanku di Bali..

Rabu, 11 Juni 2008

Menanam pohon Adenium atau kamboja jepang

Membawa bibit biji pohon Adenium pulang ke Rumah, mei 2007.
Biji2 itu sendiri berasal dari pohon kamboja Jepang milik pribadi, waktu itu pohon adenium yg ada 3 pohon yg satunya berbuah, buahnya seperti kumis melintang seperti boncis bentuknya tetpai warnanya coklat.

Karena baru pertama kali lihat pohon adenium berbuah jadi biarlah pohonnya di taruh di panas-panasan,....tetapi ternyata mebuat buahnya meletak seperti bagaimana layaknya kacang polong kering meletak sehingga kacangnya berhamburan,...bedanya dengan buah phon kamboja jepang adalah bijinya yg kecil2 seperti biji rumput atau gabah padi tetapi lebih kecil lagi dan pada saat meletak dari buahnya biji2 tersebut mempunya sayap yg bentuknya seperti bulu2 halus,...ide yg bagus dari evolusi tanaman ini yg membuat persebaran bijinya mudah terbawa angin sehingga kesempatan mendarat di lahan subur banyak.
Pada waktu buah pohon adenium sudah meletak saya berada di bawah, sedangkan pohon saya taruh di balkon atas dan saat itu saya mendapi ada biji2 yg bertebaran seperti biji pohon yg reuputan yg berbulu dan kalau di tiup bertebaran, saya ambil satu dan saya tunjukan pada kakak saya, dan ia pun berteriak " itu biji pohon adeium!!" karena kaka saya pernah melihat biji2 pohon tsb, maklum adik iparnya atau kaka ipar saya punya seratusan pohon adenium baik yg besar2 maupun yg kecil2.
Wah rugi sekali biji sudah bertebaran kemana2, segera saya kumpulan yg berserakan karena terbang kemana2 dan untungnya masih ada yg tersisa dibuahnya yg masih menggantung. Jumlah total bijinya saya hitung ada 40-an, lalu saya bungkus kertas.
3-4 bulanan kemudian saya ada mood buat menanam bibit2 tsb, saya tanam sekitar 30-bibit di pot2 kecil setiap hari saya lihat dan saya siram, banyak yg mati entah kenapa mungkin cuacanya beda. Lalu saya kasih berbagai macam pupuk cair yg dicampur dengan air, kebanyakan saya pakai pupuk untuk tanaman bonsai dan ternyata tanahnya malah jadi kering dan keras sehingga pohon jadi malah mati daunnya meng-coklat, kering lalu rontok lalu saya ganti tanahnya dengan tanah pupuk baru alahsil pohonnya jadi sehat kembali dan tumbuh lebih cepat hnay denga disiram air dan diletakan kena matahari dibelakang kaca.

Tapi lama sekali besar pohon adenium yg setelah setahun msh kerdil, hanya sekitar 10 cm tingginya.

Tidak ada komentar:

mY wife's temporary tattoo

mY wife's temporary tattoo
tattoo wanna be...