Lagu yg mengingatkanku akan kebodohanku di Bali..

Kamis, 18 Oktober 2007

Babad Bali & Cerita daun Lontar

Belakangan ini aku sering membaca artikel/cerita di koran BaliPost. Artikel ini merupakan kolom yg tiap hari ada dan berbeda.

Kolom ini selalu menulis artikel-artikel yang berdasarkan religius hindu. Tp yg membuatku membaca bukan nilai ke-religiusannya tetapi cerita sejarahnya dan mystis-nya. Artikel ini cukup mengasyikan karena seperti membaca cerita komik. Mungkin bagi umat Hindu cerita ini mengandung kebenaran tp aku orang yg selalu berpikiran ilmiah, tp semua ini tak jd masalah, mgkn aku hrs membacanyanya menurut ahlak dan inti dr ceritanya.

Seperti kemarin ada artikel "Lontar Ratu Nusa" yg menceritakan tentang penaklukan puri Nusa Penida utk disatukan dengan Bali oleh dalem Klungkung, inti dari cerita ini adalah "Jiwa ksatria", dalam Babad Bali sejarah ini ada tapi pengisahannya sulit untuk di cerna bagi sejarahwan, seperti penggunaan senjata2 keramat "Ganja Malela" dan kemudian pamungkasnya "Pencok Sahang" alkisah Pencok sahang ini adalah keris yg terbuat dari "Taring Naga Basuki" yg ditemukan secara tak sengaja mengambang disungai oleh ni gusti ayu kaler istri dr i gusti jelantik bogol utusan puri klungkung yg berhadapan dengan Dalem Dukut Raja puri Nusa Penida.
Yowizz yg penting asyiknya bacanya. Intinya Nusa Penida tidak mau bersatu kalau di Jajah tetapi bersatu jika sama tinggi.

Cerita aslinya ada di http://www.balipost.com/balipostcetak/2007/10/17/bd1.htm
Baca jg cerita2 yg la!!

NB: ide artikel ini datang dr blog Kadek Nusa

Tidak ada komentar:

mY wife's temporary tattoo

mY wife's temporary tattoo
tattoo wanna be...